Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2013, 08:22 WIB
Anastasia Joice

Penulis

DAR ES SALAAM, KOMPAS.com -- Hubungan dagang China dan Afrika akan menjadi perhatian pada kunjungan Presiden China Xi Jinping ke benua tersebut, Senin (25/3/2013).

Lawatan Xi ke Afrika ini merupakan lawatan perdananya setelah menjadi presiden China dilihat sebagai cerminan pentingnya minyak dan sumber daya mineral Afrika bagi China. Sementara Afrika memandang China sebagai penyeimbang yang ideal terhadap pengaruh Barat. Akan tetapi, seiring dengan semakin matangnya hubungan tersebut semakin terdengar pula dari kalangan pejabat dan ekonom agar ada kesepakatan dagang yang lebih seimbang.

"Tujuan utama lawatan Xi lainnya adalah untuk menghilangkan kekhawatiran penduduk setempat bahwa keberadaan China di sana hanyalah semata-mata untuk mengeruk sumber daya Afrika saja," kata James Shikwati, Kepala Jaringan Intra Regional Nairobi, sebuah lembaga penelitian di Kenya.

"China telah banyak memberi dukungan pembangunan kepada kami, tetapi mereka jelas menginginkan sesuatu sebagai imbalannya," kata Lisa Mgaya, seorang mahasiswa di Dar es Salam, Tanzania.

Ketetarikan China terhadap Afrika sudah tampak sejak perjalanan Laksamana Zheng He ke Malindi tahun 1414. Ketika itu, Zheng He membawa pulang seekor jerapah. Enam abad kemudian, ketertarikan China bukan lagi pada eksotisme Afrika, tetapi pada minyak dan minteralnya.

Di Dar es Salaam, Xi juga akan mendantangani puluhan kesepakatan dagang dan kerja sama dengan Presiden Tanzania Jakaya Kikwete.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com