Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi Demonstrasi, IHSG di Level 4.670-4.750

Kompas.com - 25/03/2013, 07:44 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -- Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan diuji kembali kekuatannya pada perdagangan Senin (25/3/2013). Rencana unjuk rasa di Ibu Kota diperkirakan akan ikut menentukan arah indeks di awal pekan ini.

Pada perdagangan terakhir pekan lalu, IHSG ditutup melemah didorong oleh kekhawatiran akan krisis utang Eropa. Bank Sentral Eropa memberi waktu hingga 25 Maret ini kepada Siprus untuk memenuhi ketentuan pemberian dana talangan agar terhindar dari kejatuhan finansial.

Data manufaktur Jerman bulan Maret juga mengalami penurunan dan juga output manufaktur dan jasa kawasan Eropa mengalami kontraksi. Demikian pula indeks kepercayaan bisnis di Jerman yang melemah di luar ekspektasi. Di dalam negeri, melemahnya nilai tukar rupiah menjadi katalis negatif.

Riset Panin Sekuritas menyatakan, terlihat investor memanfatkan berita ketidakpastian di Eropa untuk momentum ambil untung.

Mengawali pekan ini diproyeksikan IHSG akan bergerak pada kisaran dukungan-resisten di level 4.670-4.750. Pergerakan indeks juga akan dibayangi oleh wacana demo besar di Ibu Kota hari ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com