Kompas.com - 23/03/2013, 21:47 WIB
EditorErvan Hardoko
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Amerika Serikat diam-diam mencairkan dana hampir sebesar 500 juta dollar AS atau hampir Rp 5 triliun untuk Palestina, yang sempat dibekukan Kongres AS selama berbulan-bulan. Demikian pernyataan seorang pejabat senior AS, Jumat (22/3/2013) malam.

Kabar soal pencairan dana itu muncul setelah Presiden Barack Obama bertemu dengan para petinggi Israel dan Palestina dalam kunjungannya ke Israel dan Tepi Barat, awal pekan ini.

"Hingga saat ini, kami sudah memindahkan uang sebesar 295,7 juta dollar AS dari tahun fiskal 2012 dan 200 juta dollar AS dari tahun fiskal 2013," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Victoria Nuland.

Pemerintahan Obama memberi tahu Kongres pada akhir Februari bahwa pemerintah tengah mencari dana sebesar 200 juta dollar AS untuk kepentingan Badan Pembangunan Internasional AS (USAID) di Palestina.

Anggaran pertama, lanjut Nuland, sebesar 195,7 juta dollar, yang dialokasikan untuk program ekonomi, pembangunan, dan bantuan kemanusiaan USAID di tahun anggaran 2012. Selain itu, dana sebesar 100 juta dollar AS dialokasikan khusus untuk pengendalian narkotika.

Dana selanjutnya sebesar 200 juta dollar AS akan dicairkan dan bisa digunakan Pemerintah Palestina pada anggaran 2013.

Pemerintah Palestina tengah menghadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu penyebabnya adalah kegagalan negara donor memenuhi janji mereka.

Kondisi itu kemudian diperparah setelah Palestina mendapat perubahan status di PBB pada November lalu. Kini Palestina memiliki status negara pengamat non-anggota.

Akibatnya, Israel yang mengecam keras tindakan Palestina dan keputusan PBB itu memblokir penyaluran dana pajak yang ditariknya atas nama Palestina.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.