Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA Pasok Informasi untuk Oposisi Suriah

Kompas.com - 23/03/2013, 17:27 WIB
DAMASKUS, KOMPAS.com - Sejumlah kelompok oposisi Suriah diduga kuat mendapat pasokan informasi dari Badan Intelijen AS (CIA), untuk melawan pasukan pemerintah Suriah. Demikian harian The Wall Street Journal melaporkan Sabtu (23/3/2013).

Harian itu, yang mengutip seorang mantan pejabat AS yang tak ingin disebut namanya, menulis bahwa upaya CIA ini menunjukkan perubahan pendekatan yang dilakukan pemerintah AS untuk memperkuat kelompok oposisi yang berhaluan sekuler.

CIA bahkan sudah mengirim sejumlah agennya ke Turki untuk membantu menyalurkan senjata bantuan yang diperoleh dari sejumlah negara kawasan Teluk.

Namun, pemerintah AS dalam pernyataan resminya khawatir senjata bantuan itu justru akan jatuh ke tangan kelompok pemberontak yang berhaluan Islam radikal.

Berdasarka  laporan itu, Barat lebih memilih beraliansi dengan Pasukan Pembebasan Suriah (FPA), yang mendukung kelompok payung Koalisi Oposisi Suriah.

Para komandan oposisi Suriah mengatakan CIA bersama intelijen Inggris, Perancis dan Jordania bekerja sama melatih para pemberontak untuk menggunakan berbagai jenis senjata.

Langkah CIA ini diambil setelah Front Al-Nusra, kelompok oposisi yang diduga terkait kelompok Al Qaeda, semakin memperkuat tali kerja sama dengan kelompok Al Qaeda di Pakistan.

Meski CIA sudah membantu pemberontak Suriah, tetapi hal itu tidak akan mengubah kebijakan pemerintah AS yang menentang penggunakan opsi militer di Suriah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com