Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berita Foto: Pergelaran Festival Nowruz di Gedung Sekretariat ASEAN

Kompas.com - 22/03/2013, 19:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Pergelaran Festival Nowruz berlangsung di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (21/3/2013). Tujuh perwakilan negara-negara, yakni Afganistan, Azerbaijan, Iran, Kazakstan, Pakistan, Turki, dan Uzbekistan, menghelat acara yang menampilkan keberagaman budaya tersebut. Nowruz adalah perhitungan kalender Persia.

Nowruz acap diterjemahkan sebagai Hari Baru. Andai disejajarkan dengan perhitungan Masehi, Nowruz yang juga dikenal sebagai Tahun Baru jatuh setiap tanggal 21 Maret. Hari itu adalah hari pertama musim semi di negara-negara kawasan Persia.

Selain ketujuh negara tadi, setidaknya delapan negara lagi yang memberlakukan perhitungan kalender Persia, antara lain Albania, Armenia, Georgia, Irak, Irak Kurdistan, Kosovo, dan Turkmenistan.

Nowruz pun sudah diperingati sejak 3.000 tahun silam. Kendati demikian, Majelis Umum PBB baru mengakui Nowruz secara internasional pada 2010. Sementara itu, UNESCO menetapkan Nowruz sebagai Peninggalan Budaya Tak Benda pada 2009.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com