Berita Foto: Pergelaran Festival Nowruz di Gedung Sekretariat ASEAN

Kompas.com - 22/03/2013, 19:18 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Pergelaran Festival Nowruz berlangsung di Gedung Sekretariat ASEAN di Jakarta, Kamis (21/3/2013). Tujuh perwakilan negara-negara, yakni Afganistan, Azerbaijan, Iran, Kazakstan, Pakistan, Turki, dan Uzbekistan, menghelat acara yang menampilkan keberagaman budaya tersebut. Nowruz adalah perhitungan kalender Persia.

Nowruz acap diterjemahkan sebagai Hari Baru. Andai disejajarkan dengan perhitungan Masehi, Nowruz yang juga dikenal sebagai Tahun Baru jatuh setiap tanggal 21 Maret. Hari itu adalah hari pertama musim semi di negara-negara kawasan Persia.

Selain ketujuh negara tadi, setidaknya delapan negara lagi yang memberlakukan perhitungan kalender Persia, antara lain Albania, Armenia, Georgia, Irak, Irak Kurdistan, Kosovo, dan Turkmenistan.

Nowruz pun sudah diperingati sejak 3.000 tahun silam. Kendati demikian, Majelis Umum PBB baru mengakui Nowruz secara internasional pada 2010. Sementara itu, UNESCO menetapkan Nowruz sebagai Peninggalan Budaya Tak Benda pada 2009.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.