Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setahun Diculik, Anak-anak Ini Bertemu Ibunya Lagi

Kompas.com - 22/03/2013, 18:25 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Seorang perempuan asal California, AS, akhirnya bertemu kembali dengan kedua putranya setelah mereka diculik di Meksiko selama lebih dari satu tahun.

Sarani Hernandez—nama perempuan itu—menitipkan kedua putranya kepada ibunya yang tinggal di Negara Bagian Michoacan, Meksiko, pada 2011.

Namun, kemudian, perempuan berusia 33 tahun itu ingin membawa kedua putranya itu bersamanya di Negara Bagian Washington, tempat Sarani tinggal saat itu.

Sarani kemudian berkenalan dengan sepasang pria dan wanita lewat kawannya. Pasangan ini mengatakan bisa membawa kedua putra Sarani yang saat itu berusia 9 dan 11 tahun kembali ke AS.

Namun, polisi dan Departemen Kehakiman AS mengatakan, pasangan itu, Jesus Salinas dan Patricia Delatorre, bersama Maria Castaneda, kemudian menculik kedua putra Sarani dan membawa mereka ke kota Ciudad Juarez.

Ketiga orang itu kemudian meminta tebusan ribuan dollar kepada Sarani dan mengancam akan membunuh kedua putranya itu jika dia melaporkan penculikan ini ke polisi.

Sarani Hernandez, perempuan Meksiko yang tengah melamar menjadi warga negara AS, sangat ketakutan. Dia tak hanya takut kehilangan kedua putranya, tetapi juga takut akan dideportasi jika melaporkan masalah ini ke aparat yang berwenang.

Tahun lalu, Sarani pindah dari Negara Bagian Washington ke kota Watsonville, California utara. Di tempat tinggal barunya itulah, Sarani baru melaporkan penculikan itu ke polisi.

Polisi setempat kemudian menghubungi FBI, yang selanjutnya bekerja sama dengan kepolisian Meksiko, mencari keberadaan kedua putra Sarani itu.

Berakhir bahagia

Pada Desember lalu, kepolisian mengatakan telah menemukan kedua putra Sarani tersebut di Ciudan Juarez, bersama Maria Castaneda.

Setelah mengamankan kedua anak itu, polisi menitipkan keduanya di sebuah panti asuhan Meksiko untuk mendapatkan perawatan sementara. FBI kemudian membawa keduanya ke El Paso, Texas.

Selanjutnya, Pemerintah AS dan dan Elizabeth Sousa, petugas kepolisian Watsonville, menjemput kedua anak itu di El Paso dan kemudian membawa mereka ke San Jose untuk berkumpul lagi dengan ibu mereka.

Jesus Salinas dan Patricia Delatorre ditahan pada Januari lalu di Mount Vernon, Washington, dan menghadapi dakwaan penculikan di pengadilan San Jose, California.

Sementara satu penculik lagi, Maria Castaneda, masih buron, tetapi aparat kepolisian yakin perempuan itu masih berada di wilayah Meksiko.

Sementara bagi Sarani dan kedua putranya—Edwin dan Angel Hernandez—kisah horor selama 18 bulan itu berakhir bahagia.

"Mereka berpelukan sangat lama. Kedua putra Sarani bahkan tak kuasa menahan tangis," kata petugas polisi Watsonville, Elizabeth Sousa, kepada harian Santa Cruz Sentinel.

"Ini adalah sebuah peristiwa yang luar biasa," tambah Sousa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terpopuler

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com