Kompas.com - 22/03/2013, 13:37 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

GARUT, KOMPAS.com - Polisi Resor Garut telah memulangkan sebanyak 36 imigran gelap asal Pakistan dan Afganistan ke tempat semula di kawasan Puncak, Bogor, Kamis (21/3/2013). Mereka sebelumnya ditangkap di kawasan Pantai Selatan Garut, karena hendak menyeberang menggunakan perahu nelayan ke Australia, Rabu (20/3/2013) malam.

Kapolres Garut Ajun Komisaris Besar Polisi Umar Surya Fana mengatakan, awalnya puluhan imigran itu akan ditampung lebih dulu di penginapan yang ada di Garut. Namun, warga dan pemilik hotel menolak tempatnya dijadikan penampungan para imigran gelap asal Timur Tengah tersebut.

"Kita kembalikan mereka ke Bogor lagi, tempat asalnya sebelum ke Garut," jelas Umar, melalui sambungan telepon, Jumat (22/3/2013) siang.

Para imigran gelap itu sembilan datang dari Pakistan dan 27 orang dari negara Afghanistan. Mereka diamankan polisi di pesisir pantai Rancabuaya, Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, Rabu (20/3/2013) malam. Semula, mereka berniat menyeberang ke Australia, menggunakan jasa oknum nelayan menggunakan perahu.

"Saya langsung menghubungi Imigrasi pusat setelah penangkapan, ternyata penanganannya oleh Imigrasi daerah," kata Umar.

Umar pun mengaku telah menghubungi International Organization of Migration (IOM), tapi mereka beralasan masih menunggu perintah dari pihak keimigrasian pusat. "Jadi kami akan langsung mengirim kembali ke Bogor, soalnya tidak ada lokasi penampungan di Garut," tegas Umar. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.