Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keluarga Khadafy Dikabarkan Tinggalkan Aljazair

Kompas.com - 22/03/2013, 13:07 WIB

ALGIER, KOMPAS.com — Tiga anak dan janda mantan pemimpin Libya, Kolonel Moammar Khadafy, dilaporkan telah meninggalkan Aljazair.

Aisha dan Hannibal Khadafy saat ini masuk dalam daftar Interpol menyusul permintaan dari otoritas Libya. Namun, anak ketiganya, Mohamed; dan janda Khadafy, Sofia, tidak masuk dalam daftar ini.

Duta besar Aljazair untuk Libya, Abdel-Hamid Bouzaher, mengatakan bahwa keluarga Khadafy telah meninggalkan negara tersebut ''sejak lama'' tanpa memberikan penjelasan lebih rinci.

Awal pekan ini, salah satu sepupu Khadafy, Ahmed Gaddaf al-Dam, ditangkap di Mesir.

Empat anggota keluarga Khadafy menjadi pengungsi di Aljazair setelah pada tahun 2011 pemberontak memasuki ibu kota Tripoli yang mengakhiri 42 tahun rezim Khadafy.

Keberadaan mereka hingga saat ini belum diketahui. Anak Khadafy lainnya, Saadi, mencari suaka di Niger pasca-perang.

Sementara itu, Saif al-Islam yang dianggap sebagai penerus utama bapaknya ditangkap dan ditahan di Libya, meski Mahkamah Kriminal Internasional ingin mengadilinya di Den Haag dalam kasus kejahatan atas kemanusiaan. 

Hidup mewah

Berita tentang kepergian keluarga Khadafy dari Aljazair kali pertama terungkap di media Arab pada November silam, dengan menyebut nama yang dirahasiakan sebagai sumbernya.

Informasi terbaru kali ini adalah konfirmasi resmi dari kabar tentang perginya keluarga Khadafy keluar dari Aljazair.

Sejauh ini kantor perdana menteri Libya belum memberikan komentar saat dimintai keterangan BBC.

Wartawan BBC di Tripoli melaporkan bahwa semasa menjabat dulu, anak-anak Khadafy dikenal dengan gaya hidup yang mewah dan beberapa di antaranya menguasai sektor kunci perekonomian negara, seperti bisnis perkapalan dan perusahaan telekomunikasi negara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com