Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Permukiman Yahudi Hambat Perdamaian

Kompas.com - 21/03/2013, 19:22 WIB

RAMALLAH, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Kamis (21/3/2013), mengecam keputusan Israel untuk terus membangun permukiman Yahudi di Tepi Barat.

Obama mengatakan, terus berlangsungnya pembangunan permukiman Yahudi itu tidak menolong upaya mencapai perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Kami menilai, melanjutkan pembangunan permukiman Yahudi merupakan langkah konstruktif. Langkah itu tidak mempercepat upaya menciptakan perdamaian," kata Obama dalam jumpa pers bersama Presiden Mahmoud Ahmadinejad di Ramallah, Tepi Barat.

Sebelum jumpa pers digelar, kedua pemimpin melakukan pembicaraan sekitar upaya untuk menghentikan konflik Israel-Palestina.

Dalam pertemuan itu, Presiden Abbas menyampaikan kepada Obama bahwa Palestina tidak bisa membicarakan masalah perbatasan dan masa depan negara ini selama Israel menciptakan sendiri garis perbatasannya dengan terus membangun permukiman Yahudi.

Abbas menyampaikan kembali keinginan rakyat Palestina memiliki negara dengan wilayah Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Jerusalem Timur, yang merupakan wilayah pendudukan Israel sejak 1967.

Sejak saat itu, Israel terus membangun puluhan permukiman Yahudi di Tepi Barat dan Jerusalem Timur yang kini didiami sekitar 560.000 warga Israel.

Jumlah ini meningkat 60.000 orang sejak Obama menjadi Presiden Amerika Serikat empat tahun lalu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com