Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas "Kirim" Dua Roket ke Israel

Kompas.com - 21/03/2013, 13:39 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Dua roket yang ditembakkan Hamas dari Jalur Gaza menghantam Israel selatan, Kamis (21/3/2013), saat kunjungan Presiden AS Barack Obama.

"Satu roket meledak di halaman belakang rumah warga di kota Sderot dan roket kedua mendarat di sebuah ladang," kata juru bicara Kepolisian Israel, Mickey Rosenfeld.

Sderot adalah kota yang sangat dekat dengan perbatasan Gaza dan pernah dikunjungi Presiden Obama pada 2008 lalu.

Obama tiba di Israel pada Rabu (20/3/2013), untuk kunjungan pertamanya sejak terpilih kembali menjadi presiden AS untuk masa jabatan kedua. Obama dijadwalkan mengunjungi Ramallah, Tepi Barat pada Kamis ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas.

Serangan ini adalah yang kedua sejak konflik berdarah delapan hari antara Israel dan Hamas pada November tahun lalu, yang berakhir dengan gencatan senjata yang disponsori Mesir.

Pada 26 Februari, Hamas menembakkan sebuah roket yang mendarat di dekat kota pesisir Ashkelon. Hamas mengklaim serangan itu adalah bentuk protes atas tewasnya seorang tahanan Palestina di penjara Israel.

Dalam konflik delapan hari pada November lalu, yang menewaskan 177 orang Palestina dan enam warga Israel, sebanyak 933 roket menghantam Israel, sedangkan 421 roket lainnya berhasil dicegat di udara dengan sistem anti-misil Iron Dome yang didanai AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com