Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kepala Penjara Colorado Tewas Ditembak

Kompas.com - 21/03/2013, 04:24 WIB

DENVER, KOMPAS.com — Kepala sistem penjara Colorado tewas ditembak di rumahnya. Polisi setempat mengatakan bahwa korban kemungkinan sebelumnya memang telah menjadi target penembakan.

Penembakan itu terjadi beberapa jam sebelum gubernur negara bagian Colorado, pada Rabu (20/3/2013), menandatangani undang-undang baru soal pengendalian senjata api yang dipicu oleh penembakan massal mematikan di Colorado dan tempat-tempat lainnya.

Polisi mengatakan Tom Clements (58), yang dua tahun lalu ditunjuk sebagai direktur eksekutif Departemen Lembaga Pemasyarakatan Colorado, ditembak pada Selasa malam di rumahnya di wilayah hutan terpencil di dekat kota indah, Monumen, yaitu 72 kilometer sebelah selatan Denver.

Pembunuhan itu tidak terlihat terkait dengan perampokan, kata juru bicara Kepolisian El Paso, Letnan Jeff Kramer. Ia mengatakan penembakan itu tidak terlihat sebagai kasus acak.

"Kami merasa kasus ini menyangkut jabatan tinggi yang dijalani Bapak Clements, dan ada orang-orang yang kemungkinan menjadikannya sebagai target (penembakan) karena jabatannya," kata Kramer dalam sebuah pernyataan.

Clements bertugas selama 31 tahun di Departemen Lembaga Pemasyarakat Missouri, di mana ia menjadi pejabat tinggi tingkat kedua. "Kediaman Clements tidak berada di jalan raya utama," kata Kramer. "Tidak ada alasan untuk berada di jalanan tersebut, kecuali ada suatu keperluan."    

Kramer mengatakan bahwa menurut catatan panggilan bantuan darurat kepada 911, Clements ditembak setelah membuka pintu rumah karena ada bel panggilan. Ia ditemukan tewas oleh para deputi sheriff yang tiba di lokasi.

Para petugas pada Selasa malam mulai mencari si penyerang, tetapi hingga Rabu pagi tidak ada orang yang dinyatakan sebagai tersangka, kata Kramer.

Ia mengatakan bahwa polisi sedang menyelidiki laporan seorang tetangga yang melihat adanya kendaraan boks dua pintu tanpa penumpang di dekat rumah, sekitar 15 menit sebelum adanya panggilan pertama yang diterima 911.    

Mobil yang sama dilaporkan terlihat beberapa saat kemudian meninggalkan lokasi dengan satu orang tidak teridentifikasi berada di dalamnya, ujar Kramer.

Dalam jumpa pers yang dilangsungkan hari Rabu, Gubernur John Hickenlooper terlihat terguncang atas terjadinya penembakan. Ia memuji Clements sebagai "sahabat luar biasa" dan pejabat yang berdedikasi.

Dalam acara kemudian yang telah dijadwalkan hari Rabu, Hickenlooper menandatangani undang-undang yang memperpanjang pemberlakuan kewajiban bagi para penjual senjata api swasta untuk memeriksa latar belakang para pembeli senjata api.

Ia juga menandatangani undang-undang yang membatasi ukuran magazine amunisi yang dijual di negara bagian Colorado. Langkah-langkah itu diajukan di badan legislatif Colorado yang dikontrol oleh Demokrat awal tahun ini dan secara cepat disahkan.     

Pengesahan undang-undang itu menjadikan Colorado berada di garis terdepan dalam perdebatan nasional menyangkut kekerasan senjata api, yang disulut oleh sejumlah peristiwa penembakan massal tahun 2012.     

Tragedi yang menyita perhatian termasuk penembakan massal di sekolah dasar di Newton, Connecticut, dan bioskop di Denver.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com