AS-Israel Perkuat Aliansi

Kompas.com - 21/03/2013, 03:26 WIB
Editor

Kairo, Kompas - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, Rabu (20/3), menegaskan pentingnya AS dan Israel memperkuat hubungan aliansi di antara mereka, menyusul situasi tidak stabil di Timur Tengah saat ini.

Hal itu mereka sampaikan dalam pidato singkat upacara penyambutan Obama di Bandar Udara Internasional Ben Gurion, Tel Aviv, Israel, Rabu siang waktu setempat. Ini adalah kunjungan pertama Obama ke Israel sejak ia menjabat Presiden Amerika Serikat (AS) pada 2008.

Selain ke Israel, Obama juga akan mengunjungi wilayah Palestina dan Jordania dalam rangkaian lawatan ke Timur Tengah kali ini. Demikian dilaporkan wartawan Kompas, Musthafa Abd Rahman, yang memantau lawatan Obama tersebut dari Kairo, Mesir.

Presiden Israel Shimon Peres dan PM Netanyahu menyambut langsung Presiden Obama di bawah tangga pesawat kepresidenan AS, Air Force One.

Dalam pidato penyambutan mereka, baik Peres maupun Netanyahu menyampaikan rasa terima kasih Israel kepada AS yang selama ini selalu membela Israel dalam mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasionalnya.

Netanyahu menekankan, kekuatan aliansi AS-Israel itu semakin dibutuhkan di tengah kian tidak stabilnya situasi di Timur Tengah saat ini.

Sementara Obama yang berbicara setelah Peres dan Netanyahu menegaskan, komitmen AS terus membela kepentingan Israel di segala bidang. Obama menegaskan, aliansi AS-Israel akan terus terjalin secara abadi.

Obama mengatakan, alasan AS selalu membela Israel selama ini adalah para pendiri negara AS dan Israel memiliki pijakan filosofi yang sama dalam membela dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

”AS berjuang di mana pun di belahan bumi ini untuk misi kemanusiaan, seperti membantu korban bencana dan upaya mewujudkan kebebasan atau sistem demokrasi,” tutur Obama.

Bukan hal baru

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.