Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Siap Perbaiki Hubungan dengan Jepang

Kompas.com - 20/03/2013, 09:09 WIB
Anastasia Joice

Penulis

BEIJING, KOMPAS.com  - Presiden China, Xi Jinping, menunjuk dua diplomat senior yang sangat memahami Jepang. Penunjukan dua diplomat ini dianggap sebagai langkah untuk memperbaiki hubungan dengan Jepang yang belakangan ini memanas.

Yang  Jieche, mantan dubes China di Washington, diangkat menjadi menteri koordinator yang bertanggung jawab  atas kementerian luar negeri. Yang berbahasa |Inggris dengan fasih, dan memiliki pandangan AS harus keluar dari permasalahan yang terjadi di Asia, seperti masalah Laut China Selatan. 

Sementara menteri luar negeri yang baru akan dijabat oleh Wang Yi. Wang merupakan seorang diplomat yang sangat paham mengenai Jepang. Dia akan bertanggung jawab memperbaiki hubungan China dengan Jepang. 

"China sebenarnya tidak pernah ingin berkonfrontasi langsung dengan Jepang," ujar Deputi Direktur Institut Kajian  Internasional yang berafiliasi dengan Kementrian Luar Negeri China, Ruan Zongze.

"Menteri luar negeri pernah bekerja di Jepang, menandakan kami memiliki perhatian khusus tentang masalah ini. Kami akan berkomunikasi dengan Jepang untuk menyelesaikanya." 

Xi akan menghadapi tekanan untuk bersikap keras, dalam masalah Laut China Selatan dan sengketa teritorial dengan Jepang. "Meningkatnya rasa nasionalisme di China merupakan tantangan bagi pemimpin baru," ujar Wang Dong, profesor hubungan internasional dari Universitas Peking.

 

Sumber: Reuters

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com