Kompas.com - 20/03/2013, 09:09 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BEIJING, KOMPAS.com  - Presiden China, Xi Jinping, menunjuk dua diplomat senior yang sangat memahami Jepang. Penunjukan dua diplomat ini dianggap sebagai langkah untuk memperbaiki hubungan dengan Jepang yang belakangan ini memanas.

Yang  Jieche, mantan dubes China di Washington, diangkat menjadi menteri koordinator yang bertanggung jawab  atas kementerian luar negeri. Yang berbahasa |Inggris dengan fasih, dan memiliki pandangan AS harus keluar dari permasalahan yang terjadi di Asia, seperti masalah Laut China Selatan. 

Sementara menteri luar negeri yang baru akan dijabat oleh Wang Yi. Wang merupakan seorang diplomat yang sangat paham mengenai Jepang. Dia akan bertanggung jawab memperbaiki hubungan China dengan Jepang. 

"China sebenarnya tidak pernah ingin berkonfrontasi langsung dengan Jepang," ujar Deputi Direktur Institut Kajian  Internasional yang berafiliasi dengan Kementrian Luar Negeri China, Ruan Zongze.

"Menteri luar negeri pernah bekerja di Jepang, menandakan kami memiliki perhatian khusus tentang masalah ini. Kami akan berkomunikasi dengan Jepang untuk menyelesaikanya." 

Xi akan menghadapi tekanan untuk bersikap keras, dalam masalah Laut China Selatan dan sengketa teritorial dengan Jepang. "Meningkatnya rasa nasionalisme di China merupakan tantangan bagi pemimpin baru," ujar Wang Dong, profesor hubungan internasional dari Universitas Peking.

 

Sumber: Reuters

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.