Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sepupu Khadafy Ditangkap di Mesir

Kompas.com - 20/03/2013, 08:00 WIB

KOMPAS.com — Kepolisian Mesir dilaporkan telah menangkap seorang sepupu dan pembantu dekat mendiang pemimpin Libya, Kolonel Khadafy.

Sejumlah pejabat Mesir dan Libya mengatakan, Ahmed Gaddaf al-Dam ditangkap setelah kediamannya di Kairo dikepung aparat keamanan pada Selasa (19/3/2013) pagi.

Polisi Mesir kemudian mengawal al-Dam ke kantor kejaksaan di Kairo. Lewat sambungan telepon, mantan pembantu dekat Khadafy itu berusaha meremehkan penangkapannya.

Ia mengatakan akan menyerahkan surat pengaduan ke Kejaksaan Mesir dan Pemerintah Libya. "Saya sedang dalam perjalanan dan ditemani oleh pengacara," kata Ahmed Gaddaf al-Dam sebelum tiba di kantor kejaksaan seperti dikutip kantor berita AFP.

Seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan kepada BBC bahwa Ahmed Gaddaf al-Dam menyerahkan diri ke aparat keamanan setelah 10 kendaraan mengepung kediamannya.

Dakwaan belum diketahui

Wartawan BBC di ibu kota Libya, Tripoli, Rana Jawad, melaporkan bahwa Ahmed Gaddaf al-Dam membelot ke Kairo tidak lama setelah pergolakan di Libya bermula pada 2011.

Pada mulanya ia mengaku membelot ke Mesir, tetapi beberapa minggu kemudian ia mengambil posisi lebih netral.

"Hal itu menimbulkan kecurigaan di Libya bahwa ia masih bekerja untuk Kolonel Khadafy. Ia menepis tudingan itu," ungkap Jawad.

Ahmed Gaddaf al-Dam, lanjut Jawad, adalah salah satu dari sejumlah sosok penting yang tinggal di Mesir dan yang diburu oleh pihak berwenang Libya sejak perang berakhir.

Namun sejauh ini, dakwaan resmi terhadap sepupu mantan orang nomor satu di Libya itu belum diketahui.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com