Kompas.com - 20/03/2013, 08:00 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — Kepolisian Mesir dilaporkan telah menangkap seorang sepupu dan pembantu dekat mendiang pemimpin Libya, Kolonel Khadafy.

Sejumlah pejabat Mesir dan Libya mengatakan, Ahmed Gaddaf al-Dam ditangkap setelah kediamannya di Kairo dikepung aparat keamanan pada Selasa (19/3/2013) pagi.

Polisi Mesir kemudian mengawal al-Dam ke kantor kejaksaan di Kairo. Lewat sambungan telepon, mantan pembantu dekat Khadafy itu berusaha meremehkan penangkapannya.

Ia mengatakan akan menyerahkan surat pengaduan ke Kejaksaan Mesir dan Pemerintah Libya. "Saya sedang dalam perjalanan dan ditemani oleh pengacara," kata Ahmed Gaddaf al-Dam sebelum tiba di kantor kejaksaan seperti dikutip kantor berita AFP.

Seorang sumber di Kementerian Dalam Negeri Mesir mengatakan kepada BBC bahwa Ahmed Gaddaf al-Dam menyerahkan diri ke aparat keamanan setelah 10 kendaraan mengepung kediamannya.

Dakwaan belum diketahui

Wartawan BBC di ibu kota Libya, Tripoli, Rana Jawad, melaporkan bahwa Ahmed Gaddaf al-Dam membelot ke Kairo tidak lama setelah pergolakan di Libya bermula pada 2011.

Pada mulanya ia mengaku membelot ke Mesir, tetapi beberapa minggu kemudian ia mengambil posisi lebih netral.

"Hal itu menimbulkan kecurigaan di Libya bahwa ia masih bekerja untuk Kolonel Khadafy. Ia menepis tudingan itu," ungkap Jawad.

Ahmed Gaddaf al-Dam, lanjut Jawad, adalah salah satu dari sejumlah sosok penting yang tinggal di Mesir dan yang diburu oleh pihak berwenang Libya sejak perang berakhir.

Namun sejauh ini, dakwaan resmi terhadap sepupu mantan orang nomor satu di Libya itu belum diketahui.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.