Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunci Jawaban UN 2012 Bersifat Rahasia

Kompas.com - 20/03/2013, 03:17 WIB

Jakarta, kompas - Kunci jawaban dari soal ujian nasional tahun 2012 termasuk dalam informasi yang dikecualikan sehingga tidak bisa dibuka kepada publik. Naskah soal dan kunci jawaban UN dapat dibuka hanya jika terjadi perubahan materi kurikulum.

Hal ini mengemuka dalam sidang ajudikasi Komisi Informasi Pusat (KIP) tentang sengketa informasi antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Indonesia Corruption Watch (ICW), Selasa (19/3), di Jakarta. Sidang ini kelanjutan mediasi KIP karena ada salah satu pihak yang tidak sepakat.

Dari naskah kronologi sengketa yang dibacakan Ketua Majelis Komisioner Ahmad Alamsyah Saragih, dipaparkan pada 3 Mei 2012, ICW meminta Kemdikbud memberikan informasi kepada publik tentang kunci jawaban UN SMP/MTs tahun 2012, khususnya mata pelajaran Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam.

Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemdikbud Ibnu Hamad dalam persidangan menjelaskan, pada soal dan kunci jawaban UN telah dilakukan uji konsekuensi, baik jangka waktu maupun dampak yang ditimbulkan jika informasi itu dibuka kepada publik.

”Berdasarkan Pasal 6 Ayat (2) UU No 14 Tahun 2008 tentang KPI, badan publik berhak menolak memberi informasi publik jika tidak sesuai ketentuan perundang-undangan,” ujarnya.

Namun, ICW yang diwakili Febri Hendri dan Siti Juliantari Rachman menyatakan keberatan atas jawaban Kemdikbud. (LUK)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com