Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Guncang Mogadishu, 8 Tewas

Kompas.com - 18/03/2013, 18:45 WIB

MOGADISHU, KOMPAS.com - Sedikitnya delapan orang tewas, ketika sebuah bom mobil meledak di pusat kota Mogadishu, Somalia, Senin (18/3/2013). Serangan ini adalah salah satu insiden paling berdarah di Mogadishu dalam beberapa bulan terakhir.

"Kami menghitung, sedikitnya delapan orang tewas. Bom mobil itu meledak di dekat Teater Nasional," kata petugas polisi, Mohamed Duale.

Belum ada satu kelompokpun yang menyatakan bertanggung jawab atas kejadian ini. Namun, kelompok Al Shabab yang terkait Al Qaeda kerap melakukan serangan gerilya ke Mogadishu.

"Sebagian besar korban tewas ada di dalam minibus yang terkena ledakan langsung," kata Hassan Salad, salah seorang saksi mata.

"Ini sebuah tragedi, asap di mana-mana dan banyak jenazah," tambah Salad.

Pemberontak Al Shabab telah bersumpah akan menggulingkan Presiden Hassan Sheikh Mohamud, yang menjabat sejak tahun lalu setelah dipilih parlemen Somalia.

Sementara itu, dalam beberapa bulan terakhir Al Shabab mengalami kemunduran dengan kehilangan banyak kota penting yang pernah dikuasainya di Somalia. Kemunduran ini terjadi sejak 17.000 tentara Uni Afrika membantu militer Somalia memerangi Al Shabab.

Namun, Al Shabab masih merupakan ancaman, sebab kelompok ini masih menguasai sebagian besar wilayah pedesaan dan kerap melakukan serangan gerilya ke wilayah yang dikendalikan pemerintah.

Pada Minggu (17/3/2013), Al Shabab merebut kembali kota Hudur di wilayah selatan Somalia, setelah pasukan Ethiopia mundur dari kota itu.

Keberhasilan merebut kembali Hudur adalah kemenangan teritorial Al Shebab pertama selama beberapa bulan terakhir.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com