Jepang Protes Penjualan Alat Militer Perancis ke China

Kompas.com - 18/03/2013, 12:00 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah Jepang, Senin (18/3/2013), memprotes pemerintah Perancis karena salah satu perusahaan negeri itu menjual peralatan militer ke China, di tengah meningkatnya suhu politik antara Tokyo dan Beijing.

Perusahaan pertahanan laut Perancis DCNS menjual 11 buah perlengkapan pendaratan helikopter yang memungkinkan helikopter mendarat di atas sebuah kapal dalam cuaca buruk.

"Kami menyampaikan keprihatinan," kata Menteri Sekretaris Kabinet, Yoshihide Suga, dalam sebuah jumpa pers.

Sementara itu, seorang petinggi Kementerian Luar Negeri Jepang mengatakan protes sudah diajukan Kedutaan Besar Jepang di Paris, setelah DCNS mengumumkan penjualan ke China.

Sebelumnya, harian Asahi Shimbun melaporkan protes sudah muncul setelah Jepang mengetahui DCNS menjual dua kapal patroli laut ke China. Kedua kapal itu ternyata kerap ditugaskan Beijing berlayar ke perairan kepulauan Shenkaku yang disengketakan.

Pemerintah Jepang khawatir berbagai perlengkapan militer yang dijual ke China itu bisa dengan cepat meningkatkan kemampuan helikopter-helikopter China mendarat di atas kapal perang.

Kondisi itu, sudah barang tentu akan semakin mengancam kendali Jepang atas Kepulauan Senkaku yang oleh China disebut Diayou itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menanggapi protes Jepang, pemerintah Perancis mengatakan penjualan peralatan bantu pendaratan helikopter itu tidak termasuk dalam daftar larangan ekspor senjata Uni Eropa ke China.

"Kami akan menanggapi keprihatinan Jepang dalam kesempatan diplomatik mendatang," ujar seorang pejabat Kementerian Luar Negeri Perancis.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.