Kompas.com - 18/03/2013, 08:29 WIB
EditorAsep Candra

TANYA :

Dok, saya seorang gay. Saya sudah mencari artikel untuk pengobatan saya di internet tetapi hasilnya nol. Saya hanya ingin agar hormon kewanitaan saya hilang, dan berganti menjadi hormon kejantanan yang mampu menyukai wanita secara seutuhnya. Dok apakah saya bisa disuntik hormon atau apapun untuk menyembuhkan saya? Saya hanya karyawan kantor biasa, dan ingin menjadi lelaki normal.  Itulah impian terbesar saya, karena saya tak mungkin menikah kalo bathin saya tidak bahagia dan saya gak mau berpura-pura untuk mencintai wanita, inii saya rasakan sejak kecil (sejak pertama balig). Terima kasih atas jawabannya. 

(UM, 25, Bogor)

JAWAB :
 
Perlu saya jelaskan bahwa gay atau homoseksual terjadi karena penyebab tertentu. Paling sedikit ada 4 faktor penyebab homoseksual. Pertama, faktor biologik yaitu gangguan di pusat seks di otak. Keadaan ini didapat sejak awal sebagai suatu gangguan yang dibawa sejak lahir. Kedua, faktor perkembangan psikoseksual sejak masa kecil. Pada keadaan ini terjadi gangguan dalam perkembangan psikoseksual yang terjadi pada masa kecil. Sebagai contoh, ketika anak merasa penisnya tidak ada lagi karena sudah dipotong oleh ibunya, maka dia tertarik kepada sesama jenis.

Ketiga, faktor sosiokultur yaitu kondisi sosial budaya di suatu masyarakat yang memang memberlakukan hubungan homoseksual. Keempat, faktor lingkungan, Karena pengaruh lingkungan yang menyebabkan seseorang merasakan pengalaman homoseksual, akhirnya menjadkan dia sebagai seorangi homoseksual. Jadi pada orang homoseksual, bukan faktor hormon kejantanan atau kebetinaan yang menjadi penyebab.

Karena itu penampilan orang homoseksual, tidak berarti harus feminin. Sebaliknya, bahkan penampilannya boleh jadi sangat maskulin. Berbeda dengan masalah waria. Saya sarankan Anda berkonsultasi lebih jauh untuk mengetahui apa penyebab Anda menjadi seorang homoseksual. Berarti apakah Anda dapat menjadi seorang homoseksual atau tidak, sangat tergantung kepada penyebab homoseksual Anda.     

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.