Kompas.com - 18/03/2013, 08:24 WIB
EditorEgidius Patnistik

KOMPAS.com — China telah melampaui Inggris sebagai pengekspor terbesar kelima untuk senjata dunia, seperti dilaporankan Lembaga Riset Perdamaian Internasional di Stockholm atau SIPRI, Senin (11/3/2013) lalu. Jumlah ekspor senjata China naik 162 persen antara tahun 2008 dan 2012 dibanding lima tahun sebelumnya.

Hal itu berarti ekspor senjata China naik menjadi lima persen dari ekspor sebelumnya sebesar dua persen.

Pembeli terbesar senjata China adalah Pakistan, yang membeli 55 persen dari seluruh ekspor China, disusul oleh Burma delapan persen, dan Banglades tujuh persen, seperti disebutkan SIPRI.

Ekspor senjata China lainnya adalah penjualan tiga kapal fregat ke Aljazair, delapan pesawat transpor ke Venezuela, dan 54 tank ke Maroko.

Pemasok senjata terbesar dalam periode 2008 sampai 2012 masih Amerika, yang menguasai 30 persen dari seluruh perdagangan senjata dunia. Nomor dua adalah Rusia, 26 persen; Jerman 7 persen; dan Perancis 6 persen.

Karena China telah masuk ke dalam lima besar pengekspor senjata, maka Inggris tersingkir dari daftar itu untuk kali pertama sejak tahun 1950.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.