Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dilarang Seumur Hidup karena Meniru Gaya Nazi

Kompas.com - 18/03/2013, 02:54 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ATHENA, KOMPAS.com - Girogios Katidis adalah pemain tengah kesebelasan AEK Athena, Yunani. Kini dia harus menanggung akibat seumur hidup, akibat ulahnya memberikan salut ala Nazi Jerman saat merayakan golnya dalam Liga Yunani. Katidis kini dilarang seumur hidup membela tim kesebelasan nasional Yunani.

Federasi Sepakbola Yunani, Minggu (17/3/2013), dalam keterangan pers sebagaimana dikutip kantor berita AP menyebutkan, peragaan dan gerakan yang dibuat Katidis merupakan "Sebuah penghinaan yang menyakitkan bagi semua korban kebrutalan penguasa Nazi Jerman".

Katidis yang baru berusia 20 tahun, memberikan gerakan salut ala Nazi saat mencetak gol kemenangan AEK Athena atas Veria dalam laga Liga Yunani, Sabtu (16/3/

2013). Aksinya ini segera mengundang protes dan respon negatif di seluruh media sosial. Katidis meminta maaf di televisi dan twitter, serta mengaku tidak paham atas gerakan yang dilakukan itu, selain karena berhasil mencetak gol.

AEK dan Liga Yunani juga bakal dikenai sanksi terpisah. Kesebelasan AEK juga akan dikenakan penalti. Para pengemar fanatik AEK bahkan meminta Katidis dipecat dari tim kesebelasan itu. Katidis sejauh ini bermain untuk tim yunior nasional Yunani.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com