Kompas.com - 17/03/2013, 08:40 WIB
|
EditorInggried Dwi Wedhaswary

SINGAPURA, KOMPAS.com — Peristiwa yang menimpa Susan (bukan nama sebenarnya) layak menjadi pembelajaran. Susan hanya bisa terpaku saat mengetahui foto bugilnya beredar di dunia maya. Menurutnya, foto itu pernah diberikan kepada pacarnya sekitar dua tahun lalu. 

Dalam wawancara dengan harian The New Paper, Sabtu (16/3/2013), remaja berusia 17 tahun ini mengatakan, ketika itu ia dengan lugu menuruti permintaan pacarnya. Ketika hubungan berakhir, tidak ada komunikasi di antara keduanya. Namun, betapa kagetnya Susan ketika mendapatkan kabar dari teman dan gurunya bahwa ada foto pribadinya yang beredar di Facebook, Twitter, dan sejumlah forum. Tak hanya foto, nomor ponselnya pun dicantumkan.

"Dalam hitungan jam, hidup saya berubah menjadi mimpi buruk. Orang-orang menatap dan memelototi saya di jalanan," kata Susan.

Bahkan, sejumlah pria menghubunginya melalui telepon dan berusaha menggodanya dengan meminta lebih banyak foto bugilnya. Kasus ini telah dilaporkannya ke polisi. Meski tak langsung menuduh, ia meyakini, mantan pacarnya yang menyebarkan foto tersebut.  

"Satu-satunya orang yang pernah menerima foto saya adalah dia," ujar Susan.

Psikolog Dr Brian Yeo mengatakan, tindakan mengirimkan koleksi foto pribadi saat ini menjadi tren negatif kalangan remaja. "Mereka melakukannya untuk mempererat hubungan tanpa menyadari konsekuensi yang mungkin muncul," ungkapnya.

Ia menambahkan, biasanya ketika hubungan itu memburuk atau berakhir, mereka akan mulai panik dan menyesalinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.