Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jajanan Kaki Lima Indonesia Akan Hadir di Singapura

Kompas.com - 16/03/2013, 21:00 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian dari Anda tentu pernah jajan di pinggir jalan atau yang dikenal pula dengan pedagang kaki lima. Ya, pedagang kaki lima yang menjajakan aneka makanan mereka dengan gerobak maupun membuka toko di pinggir jalan, memang pilihan yang tepat saat tiba-tiba lapar datang di tengah padatnya rutinitas.

"Dari statistiknya, 85 persen makanan yang ada di dunia ini tersedianya ada di jalanan," ungkap pakar kuliner, Bondan Winarno, dalam Konferensi Pers World Street Food Congress, di Gandaria City, Kamis (14/3/2013).

Ia menambahkan, hal ini bukan hanya terjadi pada masyarakat di Asia, melainkan di banyak negara lain di dunia pun pedagang kaki lima banyak jumlahnya dan mereka selalu menjadi pilihan tempat makan favorit masyarakatnya.

"Kalau kita pergi ke New York pun, itu sudah banyak sekali di New York dan di negara-negara Eropa apa lagi. Jajan atau makan di pinggir jalan itu adalah sudah membudaya. Bahkan sekarang sudah muncul food tracks yang istilahnya sudah Muslim, yaitu halal," papar Bondan.

Sayangnya, keberadaan para pedagang kaki lima ini, khususnya di Indonesia, masih dipandang sebelah mata. Tak jarang mereka menjadi persoalan karena dianggap mengotori sebagian jalan.

"Tanpa campur tangan kita, street food (makanan pinggir jalan) akan tetap menjadi lembaga yang kumuh. Nah ini perlu suatu preservasi ya terhadap budaya street food," katanya.

Salah satu cara untuk bisa mengangkat citra makanan pinggir jalan tersebut, dengan mengikuti World Street Food Congress (WSFC) yang dalam waktu dekat akan diselenggarakan di Singapura.

"WSFC inilah  yang mau mengangkat derajat itu memberikan suatu pengakuan bahwa street food itu nggak boleh mati. Itu adalah bagian dari culture kita bagian dari tradisi kita," katanya.

Dalam WSFC yang akan diselenggarakan selama 10 hari, tepatnya 31 Mei-9 Juni di Kawasan Marina Bay, Singapura, akan ada beberapa jenis jajanan kaki lima dari Indonesia yang akan diperkenalkan.

"Kita akan membawa serta pedagang kaki lima makanan-makanan dari Indonesia di Singapura dan mereka akan jualan beneran. Jadi kalau mereka nggak laku, ya mereka nggak dapat apa-apa," katanya.

Acara yang akan diikuti pula oleh para pedagang kaki lima yang berasal dari Asia bahkan Amerika, Bondan pun yakin bahwa jajanan Indonesia akan laris manis disana.

"Tapi saya yakin sih, di tempat yang seperti itu makanan Indonesia yang kita tampilkan akan jadi winner, akan jadi juara. Dari aromanya saja orang sudah pada ngerubutin," tambah Bondan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com