Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Tenggelam di Bitung

Kompas.com - 16/03/2013, 03:36 WIB

Manado, Kompas - Kapal Motor Sumber Wahyu, dengan bobot mati 90 ton, Kamis (14/3) malam, tenggelam di perairan Bitung, Sulawesi Utara, setelah dihantam ombak tinggi. Tiga anak buah kapal bisa menyelamatkan diri dengan rakit.

Lima awak kapal lainnya, yang sempat dilaporkan hilang, Jumat, diselamatkan Tim Search And Rescue (SAR) Manado, Sulut. Korban terombang-ambing di tengah laut, sekitar 30 mil laut (sekitar 55,56 kilometer) sebelah utara Kota Bitung.

Menurut Kepala Tim SAR Manado Herry Sasongko, Jumat, kelima awak kapal yang ditemukan itu adalah nakhoda Junaidi, Irvan, Ardan, Musdan, dan Karim. Tiga awak KM Sumber Wahyu, yang lebih dahulu selamat, ialah Hija Nababa, Ronny, dan Ahmad. Ketiganya pula yang mengabarkan kepada Tim SAR Manado saat kapal terkena musibah.

Menurut Nababa, KM Sumber Wahyu dalam perjalanan pulang setelah menangkap ikan dari Pulau Sanana, Maluku Utara. Menjelang 40 mil laut (sekitar 74 kilometer) masuk Pelabuhan Bitung, kapal diterjang ombak setinggi 3 meter. Kapal bermuatan kopra sebanyak 150 ton itu pun bocor lambungnya.

Saat air memasuki kapal, mereka melompat ke laut. (zal)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com