Kapal Tenggelam di Bitung

Kompas.com - 16/03/2013, 03:36 WIB
Editor

Manado, Kompas - Kapal Motor Sumber Wahyu, dengan bobot mati 90 ton, Kamis (14/3) malam, tenggelam di perairan Bitung, Sulawesi Utara, setelah dihantam ombak tinggi. Tiga anak buah kapal bisa menyelamatkan diri dengan rakit.

Lima awak kapal lainnya, yang sempat dilaporkan hilang, Jumat, diselamatkan Tim Search And Rescue (SAR) Manado, Sulut. Korban terombang-ambing di tengah laut, sekitar 30 mil laut (sekitar 55,56 kilometer) sebelah utara Kota Bitung.

Menurut Kepala Tim SAR Manado Herry Sasongko, Jumat, kelima awak kapal yang ditemukan itu adalah nakhoda Junaidi, Irvan, Ardan, Musdan, dan Karim. Tiga awak KM Sumber Wahyu, yang lebih dahulu selamat, ialah Hija Nababa, Ronny, dan Ahmad. Ketiganya pula yang mengabarkan kepada Tim SAR Manado saat kapal terkena musibah.

Menurut Nababa, KM Sumber Wahyu dalam perjalanan pulang setelah menangkap ikan dari Pulau Sanana, Maluku Utara. Menjelang 40 mil laut (sekitar 74 kilometer) masuk Pelabuhan Bitung, kapal diterjang ombak setinggi 3 meter. Kapal bermuatan kopra sebanyak 150 ton itu pun bocor lambungnya.

Saat air memasuki kapal, mereka melompat ke laut. (zal)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.