Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Boeing 787 Siap Mengangkasa Lagi

Kompas.com - 15/03/2013, 19:24 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Hampir dua bulan "nongkrong" di hanggar lantaran kerusakan baterai, semua pesawat Boeing 787 Dreamliner akan kembali mengangkasa lagi dalam waktu dekat. Adalah Wakil Presiden dan Kepala Proyek Divisi Boeing Komersial Michael Sinnett yang mengatakan hal itu di Tokyo, Jepang, pada Jumat (15/3/2013). "Kami akan merampungkan dulu tes baterai dalam waktu dekat," katanya.

Menurut warta Kyodo, Boeing sudah menemukan 80 persen penyebab kerusakan baterai di pesawat berbadan tambun itu. "Kami sudah menyiapkan perbaikannya," imbuh Sinnett.

Sinnett mengatakan, pihaknya bekerja sama dengan otoritas penerbangan sipil AS untuk perbaikan tersebut. "Bersama-sama kami mencari solusi untuk masalah baterai," katanya.

Sementara itu, secara terpisah, Menteri Transportasi dan Pariwisata Jepang Akihiro Ota mengatakan, pihaknya tetap akan melakukan tes keselamatan penerbangan terhadap pesawat yang kini menjadi bagian dari armada All Nippon Airways (ANA) tersebut. "Kami bekerja sama dengan Badan Penerbangan Sipil Federal," kata Ota.

Pada 16 Januari 2013, sebuah Dreamliner ANA mendarat darurat lantaran kerusakan pada baterai. Gara-gara kerusakan itu, asap masuk ke ruang dalam pesawat. Insiden itu membuat Dreamliner terpaksa dikandangkan demi penyelidikan.

Jepang sampai sekarang menjadi pelanggan terbesar Dreamliner. Sekitar 35 persen komponen Dreamliner dibuat di Negeri Sakura.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com