Kompas.com - 15/03/2013, 15:16 WIB
EditorErvan Hardoko

VATICAN CITY, KOMPAS.com — "Jika saya tak menikahimu, maka saya akan menjadi pastor."

Mereka tidak menikah. Dia menjadi pastor, dan Rabu (13/3/2013), dia menjadi paus.

Kalimat di atas ditulis Jorge Mario Bergoglio kecil dalam sepucuk surat untuk seorang gadis yang hanya diketahui bernama Amalia. Surat itu ditulis 60 tahun lalu, saat keduanya masih berusia antara 10 dan 12 tahun.

"Dalam surat itu, dia menggambar sebuah rumah dengan atap merah dan tembok putih. Lalu dia menulis 'rumah ini akan aku beli saat kita menikah'," Amalia yang kini rambutnya sudah memutih itu mengenang masa lalunya di kawasan Flores, Buenos Aires, tempat keduanya dilahirkan.

Namun, nampaknya surat "cinta monyet" Bergoglio itu dianggap terlalu berlebihan oleh orangtua Amalia yang sangat konservatif, yang sangat terkejut saat mengetahui gadis kecil mereka mendapatkan surat dari seorang anak laki-laki.

"Saya tak menyembunyikan apa pun, itu hanya bagian kehidupan anak-anak," ujar Amalia.

Tetap saja, orangtua Amalia merobek-robek surat Bergoglio kecil dan melakukan apa pun untuk menjauhkan anak gadis mereka dari Bergoglio. Setelah itu, hubungan keduanya berakhir bahkan jauh sebelum dimulai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tapi apakah peristiwa ini yang mendorong Bergoglio untuk memilih kehidupan sebagai imam Katolik? Hanya dia dan Tuhan yang mengetahuinya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.