Kompas.com - 15/03/2013, 14:40 WIB
EditorErvan Hardoko

BEIJING, KOMPAS.com — Bagaimana cara meningkatkan gairah seksual pasangan panda yang tak mau berhubungan seksual? Jawabannya, putarkan video "porno".

Sepasang panda Ke Lin dan Yongyong sudah cukup lama bersama di pusat pembiakan panda di Chengdu, Provinsi Sichuan, China. Namun, keduanya tak kunjung "berhubungan".

"Setiap kali Yongyong berada di atas Ke Lin, maka dia langsung melawannya. Kami khawatir Yongyong akan melewatkan masa subur tiga harinya," kata juru bicara pusat pembiakan.

Akhirnya, untuk membuat kedua panda itu "memahami" apa yang harus mereka lakukan, para dokter memutuskan mereka harus diberi pendidikan seks.

"Lalu kami putar video sepasang panda yang tengah kawin. Ke Lin tampaknya menyukai film itu. Setelah menonton, mereka langsung mempraktikkan apa yang sudah ditonton," tambah si juru bicara.

"Di alam liar, Ke Lin bisa bertemu banyak panda lain untuk kawin. Namun, di sini tidak seperti itu. Maka dari itu, kami membantunya," lanjut si jubir.

Angka kesuksesan mengembangbiakkan panda di penangkaran sangat rendah. Hanya sedikit kebun binatang di luar China yang berhasil menangkarkan panda.

Masa subur panda betina sangat singkat. Selain itu, panda betina juga sangat selektif memilih pasangannya.

Pengembangbiakan panda di penangkaran sangat penting untuk menyelamatkan panda dari kepunahan setelah habitatnya di alam liar China dan sebagian Asia Tenggara semakin rusak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.