Kompas.com - 15/03/2013, 10:40 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Sebuah pesawat jet tempur Iran mencegat sebuah pesawat terbang tanpa awak atau drone milik AS yang tengah terbang di atas Teluk Persia. Demikian pernyatan Pentagon, Kamis (14/3/2013), waktu AS.

Namun, pesawat jet tempur Iran itu akhirnya mengurungkan niatnya setelah dua jet tempur AS datang ke lokasi pencegatan.

"Salah satu dari pesawat tempur AS menembakkan peluru suar sebagai peringatan untuk jet tempur Iran, yang kemudian menghentikan pengejaran," kata juru bicara Pentagon, George Little.

Little menambahkan, tidak ada tembakan dimuntahkan kedua pihak dalam insiden yang terjadi pada Rabu (13/3/2013), yang menurut Pentagon terjadi di atas perairan internasional itu.

Sebelum diusir jet tempur AS, pesawat tempur F-4 milik Iran sempat hanya berjarak 25 kilometer dari drone Predator itu. Jet tempur F-4 adalah pesawat terbang buatan AS pada era 1960-an.

Pada November 2012, sebuah jet tempur Iran menembaki sebuah drone AS. Insiden itu menuai protes keras dari Amerika Serikat.

Setelah insiden November itu, Pentagon bertekad tetap melanjutkan operasi pemantauan di atas perairan internasional untuk memastikan keamanan pasukan AS di kawasan itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kita berhak melindungi aset militer kita, termasuk pasukan kita. Dan kita akan terus melakukan apa yang sudah kita lakukan sebelumnya," tambah Little.

Pada Desember 2011, Iran berhasil menangkap drone mata-mata Sentinel yang canggih setelah jatuh di wilayah Iran. Insiden itu sangat menampar wajah Washington.

AS meningkatkan kehadiran militernya di Teluk Persia dalam beberapa tahun terakhir, setelah Iran mengancam untuk memblokade Selat Hormuz yang strategis sebagai balasan atas sanksi internasional terhadap Iran terkait program nuklirnya.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.