Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Muhammadiyah Harap Paus Fransiskus Lanjutkan Obor Perdamaian

Kompas.com - 14/03/2013, 22:27 WIB
Aditya Revianur

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin berharap Paus Fransiskus dapat melanjutkan obor perdamaian antarumat beragama yang dirintis paus-paus terdahulu. Paus Fransiskus, kata Din, dapat memulainya dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Vatikan dengan umat Islam Indonesia yang diwakili oleh Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama.

"MoU diharapkan selesai akhir tahun ini. Kami belum sampai praktiknya. MoU itu lebih banyak menyangkut bagaimana hubungan antara Vatikan dan dunia Islam di Indonesia lebih harmonis, termasuk juga perlindungan kawan-kawan Katolik di Indonesia dan bidang-bidang lain," kata Din di Jakarta, Kamis (14/3/2013).

Menurutnya, penandatanganan nota kesepahaman antara Vatikan dengan perwakilan Islam di Indonesia akan menjadi pengalaman kedua Muhammadiyah. "Jadi, kami berharap Paus Fransiskus bisa melanjutkan upaya yang sudah baik berjalan. Bagaimanapun umat Kristiani dan Islam adalah dua agama terbesar di dunia. Itu sering dipersepsikan terlibat pertentangan," tuturnya.

Saat ini, sambung Din, relasi yang terjalin antara Gereja Katolik Vatikan dan Islam di Indonesia bagus. Hal itu harus terus dipertahankan oleh Paus Fransiskus. Ia berharap ke depannya Vatikan di bawah kendali Paus yang baru dapat terus memberi perhatian dalam dialog antara agama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com