Kompas.com - 14/03/2013, 18:21 WIB
EditorErvan Hardoko

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, Kamis (14/3/2013), mengucapkan selamat atas terpilihnya Paus Fransiskus sebagai pemimpin umat Katolik sedunia.

Dalai Lama, yang harus meninggalkan Tibet ketika China menginvasi negeri itu pada 1959, menyatakan kebahagiaannya dalam sepucuk surat yang ditujukannya kepada paus pertama dari benua Amerika itu.

"Izinkan saya memberikan selamat, atas pemilihan bersejarah Anda sebagai paus," kata peraih Nobel perdamaian itu dalam suratnya yang ditulis dari kota pengasingannya Dharamsala, India.

"Meski saya tidak terlalu mengenal orang-orang suci Katolik, saya tahu tentang Santo Fransiskus, saya pernah mengunjungi Assisi dan menghadiri pertemuan antar-agama di sana," kata Dalai Lama.

"Saya sangat tergerak mengetahui bahwa nama Santo Fransiskus menjadi pilihan Anda," tambah Dalai lama.

Selama berabad-abad, nama kepausan biasanya terkait dengan sosok seseorang yang pernah memerintah Gereja.

Pilihan Bergoglio untuk menjadi paus pertama yang menggunakan nama Fransiskus, terisnpirasi oleh karya Santo Fransiskus Assisi, pendiri Ordo Fransiskan pada abad ke-13 sekaligus simbol dari kehidupan pertapaan.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X