Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dalai Lama Sampaikan Selamat untuk Paus Fransiskus

Kompas.com - 14/03/2013, 18:21 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, Kamis (14/3/2013), mengucapkan selamat atas terpilihnya Paus Fransiskus sebagai pemimpin umat Katolik sedunia.

Dalai Lama, yang harus meninggalkan Tibet ketika China menginvasi negeri itu pada 1959, menyatakan kebahagiaannya dalam sepucuk surat yang ditujukannya kepada paus pertama dari benua Amerika itu.

"Izinkan saya memberikan selamat, atas pemilihan bersejarah Anda sebagai paus," kata peraih Nobel perdamaian itu dalam suratnya yang ditulis dari kota pengasingannya Dharamsala, India.

"Meski saya tidak terlalu mengenal orang-orang suci Katolik, saya tahu tentang Santo Fransiskus, saya pernah mengunjungi Assisi dan menghadiri pertemuan antar-agama di sana," kata Dalai Lama.

"Saya sangat tergerak mengetahui bahwa nama Santo Fransiskus menjadi pilihan Anda," tambah Dalai lama.

Selama berabad-abad, nama kepausan biasanya terkait dengan sosok seseorang yang pernah memerintah Gereja.

Pilihan Bergoglio untuk menjadi paus pertama yang menggunakan nama Fransiskus, terisnpirasi oleh karya Santo Fransiskus Assisi, pendiri Ordo Fransiskan pada abad ke-13 sekaligus simbol dari kehidupan pertapaan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com