Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Lelang Koleksi Cendera Mata

Kompas.com - 14/03/2013, 16:22 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menjual sejumlah koleksi cendera mata miliknya dalam sebuah lelang, Rabu (13/3/2013). Salah satu barang yang dilelang adalah pulpen platinum Mont Blanc yang diluncurkan untuk mengenang kehidupan Charlie Chaplin.

Lelang itu digelar di Istana Sadabad, bekas istana musim panas Shah Iran, di sebelah utara ibu kota Teheran. Dalam acara itu sejumlah cendera mata yang diperoleh Ahmadinejad dari beberapa negara, misalnya Arab Saudi, Kuwait, dan Pakistan, ikut dilelang.

Hasil lelang itu akan digunakan Pemerintah Iran untuk membangun rumah bagi para veteran perang dan para janda.

Soal pulpen platinum Mont Blanc milik Ahmadinejad, benda itu ditaburi berlian dan merupakan satu dari 88 pulpen sejenis yang dibuat pada akhir 1930-an bersamaan dengan rilis film Modern Times Charlie Chaplin.

Batang puplen itu dihiasi dekorasi sejumlah roda gigi sebagai simbol bahwa film itu mengkritik kapitalisme. Hiasan lain dalam pulpen itu adalah tongkat terkenal Charlie Chaplin.

Pejabat Pemerintah Iran mengatakan, lelang itu menghasilkan dana 200.000 dollar AS, dengan 70.000 dollar AS di antaranya diperoleh dari penjualan pulpen langka itu.

Barang lain yang terjual adalah kalung berlian yang merupakan hadiah dari Presiden Pakistan, lalu cincin langka hadiah dari Emir Qatar.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com