Kompas.com - 14/03/2013, 16:22 WIB
EditorErvan Hardoko
TEHERAN, KOMPAS.com — Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menjual sejumlah koleksi cendera mata miliknya dalam sebuah lelang, Rabu (13/3/2013). Salah satu barang yang dilelang adalah pulpen platinum Mont Blanc yang diluncurkan untuk mengenang kehidupan Charlie Chaplin.

Lelang itu digelar di Istana Sadabad, bekas istana musim panas Shah Iran, di sebelah utara ibu kota Teheran. Dalam acara itu sejumlah cendera mata yang diperoleh Ahmadinejad dari beberapa negara, misalnya Arab Saudi, Kuwait, dan Pakistan, ikut dilelang.

Hasil lelang itu akan digunakan Pemerintah Iran untuk membangun rumah bagi para veteran perang dan para janda.

Soal pulpen platinum Mont Blanc milik Ahmadinejad, benda itu ditaburi berlian dan merupakan satu dari 88 pulpen sejenis yang dibuat pada akhir 1930-an bersamaan dengan rilis film Modern Times Charlie Chaplin.

Batang puplen itu dihiasi dekorasi sejumlah roda gigi sebagai simbol bahwa film itu mengkritik kapitalisme. Hiasan lain dalam pulpen itu adalah tongkat terkenal Charlie Chaplin.

Pejabat Pemerintah Iran mengatakan, lelang itu menghasilkan dana 200.000 dollar AS, dengan 70.000 dollar AS di antaranya diperoleh dari penjualan pulpen langka itu.

Barang lain yang terjual adalah kalung berlian yang merupakan hadiah dari Presiden Pakistan, lalu cincin langka hadiah dari Emir Qatar.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.