Kompas.com - 13/03/2013, 22:41 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden Amerika Serikat Barack Obama menampik anggapan bahwa seorang paus yang berasal dari Amerika akan beraliansi erat dengan Pemerintah AS. Namun menurut Obama, paus dari Amerika akan menjadi pemimpin Gereja Katolik yang sangat efektif dibanding paus dari negara lainnya.

Obama dalam wawancara dengan ABC News yang disiarkan pada Rabu (13/3/2013) sebagaimana dikutip kantor berita AP mengatakan bahwa paus dari AS jelas tidak ada aliansi dengan pemerintah AS. "Soalnya selama ini para uskup Katolik di AS 'sepertinya tidak pernah mendapat perintah dari saya'."

Namun, Obama menekankan, seorang paus dari Amerika pasti akan memimpin Gereja Katolik jauh lebih efektif dibandingkan paus dari negara lainnya. Obama tidak merinci mengapa paus dari Amerika akan jauh lebih efektif dalam pemimpin Gereja Katolik.

Sekitar 115 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun sedang melakukan pemilihan paus atau konklaf di Kapel Sistina di Vatikan. Mereka akan memilih paus ke-266. Sejauh ini tidak ada paus asal AS.

Banyak kardinal khawatir tindakan seorang paus asal Amerika akan lebih banyak memperhatikan kepentingan AS dibandingkan kepentingan gereja. Obama menegaskan, seorang pemimpin baru Gereja Katolik akan "sangat berdampak besar dan positif bagi dunia".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.