Kompas.com - 13/03/2013, 17:35 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Lima negara di aliran tiga sungai Ayeyawady, Chao Phraya, dan Mekong yakni Laos, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan Myanmar makin mendekatkan diri untuk meningkatkan kerja sama dengan Asosiasi Negara-negara Asia Tenggara (ASEAN). Kelima negara yang juga menjadi anggota ASEAN itu baru saja menuntaskan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Strategis (ACMECS) di Vientiane, ibu kota Laos pada Rabu (13/3/2013). Pertemuan itu berlangsung sejak Senin (11/3/2013), tulis AP.

Agenda penting yang bakal dijalin dengan ASEAN salah satunya adalah upaya menjadikan kawasan tersebut sebagai basis produksi utama. "Kerja sama ini menjadi jalan menuju pasar ASEAN 2015,"kata Perdana Menteri Laos Thongsing Thanmavong.

ACMECS sendiri membidik delapan traget prioritas kerja sama yakni perdagangan dan investasi, pertanian, energi, jaringan transportasi, pariwisata, pembangunan sumber daya manusia, kesehatan, dan lingkungan. Sementara, KTT tersebut berhasil pula menetapkan satu sistem pengaturan perbatasan antara Vietnam dan Laos.

KTT ACMECS kali pertama dihelat pada 2003. Kala itu, Myanmar menjadi tuan rumah. Adalah mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra yang kali pertama menggulirkan ide ACMECS pada 2002.

 

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.