Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Pemilihan Sehari Cari Paus Ke-266

Kompas.com - 12/03/2013, 21:27 WIB
Pieter P Gero

Penulis

VATIKAN, KOMPAS.com — Sidang pemilihan paus alias Konklaf mulai digelar di Kapel Sistina, Vatikan, untuk memastikan paus baru pengganti Paus Benediktus yang mengundurkan diri sejak 28 Februari lalu. Paus baru ini merupakan paus yang ke-266 dan akan memimpin 1,2 miliar umat Katolik sejagat.

Jaringan televisi BBC hari Selasa melaporkan, sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB, belum terlihat adanya calon kuat yang akan terpilih sebagai paus baru.

Konklaf yang diawali dengan misa kudus ini nantinya akan melakukan empat kali pemilihan setiap harinya. Dilaporkan, setiap akhir dari pemilihan ini akan disusul dengan pembakaran kertas suara dari para kardinal. Asap hitam akan muncul apabila tidak terpilih seorang paus baru.

Pada hari pertama ini, diperkirakan akan ada empat kali pembakaran kertas suara dan diduga kuat empat pembakaran ini akan memunculkan asap hitam alias belum terpilihnya seorang paus baru. Pada pemilihan paus kali ini, dilaporkan ada 116 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun yang melakukan pemilihan paus.

Konklaf dilakukan secara tertutup dan para kardinal juga dilarang berhubungan dengan dunia di luar Kapel Sistina.

Lapangan Santo Petrus sejauh ini mulai dipenuhi umat Katolik yang ingin melihat hasil pemilihan paus baru. Jaringan televisi internasional seperti BBC dan CNN melaporkan langsung dari Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com