Kompas.com - 12/03/2013, 21:27 WIB
|
EditorRobert Adhi Ksp

VATIKAN, KOMPAS.com — Sidang pemilihan paus alias Konklaf mulai digelar di Kapel Sistina, Vatikan, untuk memastikan paus baru pengganti Paus Benediktus yang mengundurkan diri sejak 28 Februari lalu. Paus baru ini merupakan paus yang ke-266 dan akan memimpin 1,2 miliar umat Katolik sejagat.

Jaringan televisi BBC hari Selasa melaporkan, sampai dengan pukul 14.00 waktu setempat atau pukul 20.00 WIB, belum terlihat adanya calon kuat yang akan terpilih sebagai paus baru.

Konklaf yang diawali dengan misa kudus ini nantinya akan melakukan empat kali pemilihan setiap harinya. Dilaporkan, setiap akhir dari pemilihan ini akan disusul dengan pembakaran kertas suara dari para kardinal. Asap hitam akan muncul apabila tidak terpilih seorang paus baru.

Pada hari pertama ini, diperkirakan akan ada empat kali pembakaran kertas suara dan diduga kuat empat pembakaran ini akan memunculkan asap hitam alias belum terpilihnya seorang paus baru. Pada pemilihan paus kali ini, dilaporkan ada 116 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun yang melakukan pemilihan paus.

Konklaf dilakukan secara tertutup dan para kardinal juga dilarang berhubungan dengan dunia di luar Kapel Sistina.

Lapangan Santo Petrus sejauh ini mulai dipenuhi umat Katolik yang ingin melihat hasil pemilihan paus baru. Jaringan televisi internasional seperti BBC dan CNN melaporkan langsung dari Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

 

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X