Kompas.com - 12/03/2013, 20:16 WIB
EditorErvan Hardoko

STRASBOURG, KOMPAS.com - Presiden Israel, Shimon Peres, dalam pidato bersejarahnya di hadapan Parlemen Uni Eropa di Strasbourg, Perancis, Selasa (12/3/2013), mendesak Liga Arab melakukan intervensi ke Suriah untuk menghentikan pembantaian.

"Liga Arab bisa dan seharusnya membentuk sebuah pemerintahan sementara di Suriah untuk menghentikan pembantaian, untuk menghindarkan Suriah hancur berkeping-keping. PBB seharusnya mendukung Liga Arab untuk membentuk pasukan perdamaian Arab," kata Peres.

Dalam pidato pertama seorang pemimpin Israel di Parlemen Uni Eropa dalam tiga dekade terakhir itu, Peres menambahkan upaya untuk memperjuangkan sebuah dunia yang bebas tak bisa tercapai jika Presiden Suriah masih melakukan pembantaian terhadap rakyat dan anak-anaknya sendiri.

"Kondisi ini sangat menyedihkan. Intervensi kekuatan Barat akan dianggap sebagai sebuah intervensi asing," ujar Peres.

Peres menambahkan Presiden Bashar al-Assad adalah ancaman bagi kawasan Timur Tengah dan bahkan ancaman untuk Eropa. Sebab, Assad memiliki persenjataan kimia. Sehingga Peres mengatakan intervensi Liga Arab adalah solusi terbaik untuk mencegah persenjataan kimia Assad jatuh ke tangan yang salah.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.