Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Badai Salju Hebat Lumpuhkan Perancis

Kompas.com - 12/03/2013, 13:41 WIB

PARIS, KOMPAS.com — Lebih dari 68.000 rumah di Perancis tak mendapatkan pasokan listrik dan ratusan orang terjebak di dalam mobil mereka setelah badai salju hebat menghantam negeri itu, Selasa (12/3/2013).

Badai salju ini juga menyebabkan jalanan licin yang berujung pada kecelakaan lalu lintas di kota Lille yang melibatkan tiga mobil. Kecelakaan ini mengakibatkan 14 orang terluka, termasuk enam anggota pemadam kebakaran.

Sebanyak 26 wilayah di timur laut dan utara Perancis dalam keadaan waspada karena hujan salju turun sangat lebat. Badan Meteorologi Perancis, Meteo France, mengatakan, musim dingin kali ini sangat luar biasa karena jumlah dan waktu yang tak biasa.

Meteo France memprediksi kondisi cuaca akan membaik pada Rabu (13/3/2013).

Sepanjang Senin (11/3/2013) malam, sebanyak 500 mobil terjebak di dekat kota Cherbourg karena salju menumpuk setinggi 60 cm dan embusan angin mencapai 100 km per jam.

Sementara itu, di kawasan Normandia dan Britanny sekitar 68.000 rumah tak mendapatkan pasokan listrik. Namun, pemerintah mengatakan pada Senin malam, jumlah rumah yang tidak mendapat pasokan listrik tinggal enam rumah saja.

Cuaca buruk ini juga membuat otoritas penerbangan sipil meminta maskapai penerbangan menunda hingga 25 persen penerbangannya dari Bandara Roissy dan Orly, Paris.

Perjalanan kereta api cepat TGV yang melayani rute Paris-Cherbourg juga terganggu. Sedangkan di Cherbourg, sebuah kapal feri dengan penumpang 491 orang dari Irlandia menunda merapat di pelabuhan karena ombak terlalu tinggi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com