Kompas.com - 12/03/2013, 09:15 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

 

KOMPAS.com - Proses pemilihan Paus baru, atau biasa disebut dengan nama konklaf, pengganti Paus Benediktus XVI akan diadakan pada hari Selasa (12/3/2013), waktu Roma, Italia.

Menjelang konklaf, segala persiapan untuk proses pemilihan ini pun sudah dilakukan, terutama di ruang pemilihan, Kapel Sistina.

Pihak Gereja telah memasang berbagai mesin pengacak elektronik (electronic jammer) di lantai palsu. Mesin tersebut akan digunakan untuk menjaga agar tidak ada signal radio yang bisa keluar dari ruangan Kapel.

Selain itu, baik ruangan Kapel dan tempat tinggal sementara kardinal selama konklaf, akan diperiksa dengan menggunakan perangkat anti-bugging scanner. Perangkat ini berfungsi untuk menemukan microfon tersembunyi dalam ruangan.

Para kardinal yang mengikuti proses pemilihan ini memang harus mematuhi larangan yang tetap dipegang teguh sampai kini. Mereka tidak diperkenankan membawa alat komunikasi apa pun. Para kardinal juga dilarang berkomunikasi keluar dengan siapa pun.

Hal tersebut dilakukan karena proses pemilihan berlangsung secara rahasia, setidaknya hingga proses pemilihan selesai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dikutip dari The Verge, Selasa (12/3/2013), perangkat seperti televisi, radio, dan segala jenis perangkat penyuplai berita dari "dunia luar" juga dilarang. Semua peserta juga akan dipindai dengan pendeteksi metal sebelum memasuki ruangan Kapel.

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X