Kompas.com - 11/03/2013, 19:51 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Insiden baku tembak antara tentara perbatasan Tunisia versus penyelundup yang berujung tewasnya satu orang tentara Tunisia membuat negara itu menutup perbatasannya dengan Libya. Sumber keamanan Tunisia menyatakan hal itu pada Senin (11/3/2013).

Sumber itu, tulis AFP, juga menyebutkan kalau tiga warga sipil yang terdiri dari dua warga Tunisia dan satu Libya cedera lantaran bentrokan itu. Insiden itu terjadi di Pos Perbatasan Dhiba-Wazn. Kendati begitu, sumber militer tak memerinci kejadian pada Minggu malam itu lebih lanjut.

Peningkatan kegiatan penyelundup dan gerilyawan garis keras di dekat perbatasan dengan Libya telah membuat ketegangan tinggi selama berbulan-bulan antara kedua negara. Perdagangan Tunisia dengan Libya adalah sumber penting pekerjaan buat rakyat Tunisia dan penutupan perbatasan yang berkepanjangan dapat memicu kerusuhan di negara bermasalah di Afrika Utara itu. Protes keras terjadi awal tahun ini di Kota Ben Guerdane setelah tempat penyeberangan Ras Jedir dengan Libya ditutup selama beberapa pekan.
    
Keamanan rapuh di kedua negara tersebut dan tak dipatuhinya hukum di perbatasan meningkat setelah tergulingnya pemimpin Libya Moammar Khadafy dan Presiden Tunisia Zine Al-Abidini Ben Ali dalam revolusi rakyat pada 2011. Penyelundupan komoditas seperti susu, gula, dan jelai ke Libya telah mengakibatkan kekurangan dan inflasi harga di Tunisia.
    
Upaya memerangi penyelundupan, pengangguran, dan kenaikan harga akan termasuk di antara prioritas bagi pemimpin baru calon Perdana Menteri Tunisia Ali dari kubu Islam, yang menghadapi mosi tak percaya di Majelis Konstituensi Nasional pada Selasa.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.