Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gurita Langka Ini Pandai Berciuman

Kompas.com - 11/03/2013, 14:52 WIB
Fifi Dwi Pratiwi

Penulis

SAN FRANCISCO, KOMPAS.com — Tahun 1991, peneliti berhasil menemukan satu jenis gurita yang kemudian diberi nama gurita pasifik bergaris. Gurita ini punya sekian keunikan.

Keunikan gurita ini bukan hanya pada kemampuannya mengubah corak dan warna tubuhnya yang semula berwarna merah tua menjadi garis dan totol hitam-putih. Perilaku kawin gurita ini juga berbeda dengan gurita lainnya.

Bila gurita lain memakan pasangannya saat perkawinan berlangsung, gurita ini justru menunjukkan keintiman. Pasangan gurita akan melekatkan bagian tubuh serupa bibir pengisap satu sama lain dan menekannya, persis seperti sedang berciuman.

Gambaran keintiman pasangan gurita pasifik bergaris ini ditunjukkan pada sebuah foto yang dipublikasikan Livesience, Rabu (6/3/2013) lalu. Gurita langka ini juga akan dipamerkan di California Academy of Science.

“Saya senang karena pengunjung Academy berkesempatan melihat hewan menakjubkan ini pada jarak dekat di akuarium. Pengunjung bisa menyadari mengapa keindahan, keunikan teknik kawin, dan perilaku sosialnya menarik minat komunitas penekun Cephalopoda," kata Richard Ross, biolog California Academy of Sciences.

Saat "pertunjukan", gurita betina akan dipamerkan lebih dulu, kemudian gurita jantan dimasukkan pada saat, yang menurut dugaan peneliti, kedua gurita itu akan melakukan perkawinan mereka.

Selain itu, gurita-gurita ini ditempatkan pada satu akuarium besar yang berisi 40 ekor gurita dari spesies yang sama. Harapan peneliti, dengan jumlah anggota kelompok yang besar, diharapkan gurita ini akan memperlihatkan perubahan dinamika perilaku mereka ketika berada dalam kelompok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com