Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Jepang "Terdengar" di Angkasa Luar

Kompas.com - 11/03/2013, 12:13 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa besar Tohoku di Jepang dua tahun silam sangat besar sehingga dampaknya dirasakan di ujung antariksa.

Para ilmuwan mengatakan, getaran berkekuatan 9,0 pada 11 Maret 2011 itu mengirim gelombang suara melalui atmosfer yang tertangkap satelit Goce.

Instrumentasi supersensitif ini dapat mendeteksi gangguan yang merambat melalui udara tipis dalam jarak 255 km dari Bumi.

Observasi ini diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters.

Sudah lama diketahui bahwa gempa besar akan menghasilkan gelombang akustik berfrekuensi rendah atau infrasound, sebuah tipe gemuruh pada frekuensi di bawah yang bisa ditangkap telinga manusia.

Tetapi, tidak ada pesawat antariksa di orbit itu yang memiliki kemampuan untuk merekamnya hingga saat ini.

"Kami mencari sinyal ini sebelumnya dengan satelit-satelit lain dan belum menemukannya. Saya rasa karena Anda membutuhkan instrumen yang luar biasa canggih," kata Dr Rune Floberghagen dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

"Akselerometer Goce 100 kali lebih sensitif dari instrumentasi lainnya dan kami mendeteksi gelombang akustik bukan sekali, tapi dua kali, yang ditangkap dari Pasifik dan Eropa," kata manajer misi pada BBC News.

Tujuan utama Goce adalah memetakan perbedaan sangat halus dalam tarikan gaya gravitasi di sepanjang permukaan bumi akibat distribusi masa tidak merata di planet.

Goce akan mengakhiri misi dan kembali ke Bumi pada bulan November.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com