Kompas.com - 11/03/2013, 12:13 WIB
EditorErvan Hardoko

TOKYO, KOMPAS.com — Gempa besar Tohoku di Jepang dua tahun silam sangat besar sehingga dampaknya dirasakan di ujung antariksa.

Para ilmuwan mengatakan, getaran berkekuatan 9,0 pada 11 Maret 2011 itu mengirim gelombang suara melalui atmosfer yang tertangkap satelit Goce.

Instrumentasi supersensitif ini dapat mendeteksi gangguan yang merambat melalui udara tipis dalam jarak 255 km dari Bumi.

Observasi ini diterbitkan dalam jurnal Geophysical Research Letters.

Sudah lama diketahui bahwa gempa besar akan menghasilkan gelombang akustik berfrekuensi rendah atau infrasound, sebuah tipe gemuruh pada frekuensi di bawah yang bisa ditangkap telinga manusia.

Tetapi, tidak ada pesawat antariksa di orbit itu yang memiliki kemampuan untuk merekamnya hingga saat ini.

"Kami mencari sinyal ini sebelumnya dengan satelit-satelit lain dan belum menemukannya. Saya rasa karena Anda membutuhkan instrumen yang luar biasa canggih," kata Dr Rune Floberghagen dari Badan Antariksa Eropa (ESA).

"Akselerometer Goce 100 kali lebih sensitif dari instrumentasi lainnya dan kami mendeteksi gelombang akustik bukan sekali, tapi dua kali, yang ditangkap dari Pasifik dan Eropa," kata manajer misi pada BBC News.

Tujuan utama Goce adalah memetakan perbedaan sangat halus dalam tarikan gaya gravitasi di sepanjang permukaan bumi akibat distribusi masa tidak merata di planet.

Goce akan mengakhiri misi dan kembali ke Bumi pada bulan November.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.