Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Kecam Serangan terhadap Syiah

Kompas.com - 10/03/2013, 09:41 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Komisi Kebijakan Luar Negeri dan Keamanan Nasional di Majelis (Parlemen) Iran mengecam keras serangan baru-baru ini terhadap pemeluk Syiah di Pakistan.

Menurut laporan dari Biro Berita dan Media Majelis, komisi itu mengumumkan peristiwa teror di Pakistan terhadap warga Syiah tak berdosa yang melukai perasaan manusia.

Menurut pernyataan tersebut, tujuan perbuatan semacam itu ialah untuk menciptakan perpecahan di kalangan pemeluk Syiah dan Sunni dan memengaruhi keputusan penting pemerintah Pakistan untuk memulai operasi pembangunan pipa saluran gas antara Iran dan Pakistan.

Komisi itu meminta pemerintah Pakistan mencegah terulangnya aksi semacam itu dan menghukum berat para pelakunya, demikian laporan IRNA, Minggu (10/3/2013) pagi.

Komisi tersebut juga meminta Ulama Pakistan, dengan mengeluarkan fatwa, untuk mengutuk aksi kejam semacam itu dan tidak membiarkan rencana musuh berhasil.

Komisi itu meminta Kementerian Luar Negeri menggunakan semua kemampuan diplomatiknya untuk mempersiapkan dasar yang diperlukan guna mencegah terulangnya peristiwa serupa melalui organisasi internasional, terutama Dewan Keamanan PBB.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com