Kompas.com - 09/03/2013, 08:55 WIB
EditorEgidius Patnistik

Menantu Osama bin Laden, Sulaiman Abu Ghaith, menyatakan tidak bersalah atas dakwaan merencanakan pembunuhan warga Amerika Serikat dalam kapasitasnya sebagai juru bicara Al Qaeda.

Dalam sidang di pengadilan Federal New York pada Jumat (08/03), Sulaiman Abu Ghaith menolak dakwaan berkonspirasi untuk membunuh rakyat Amerika.

Pihak penuntut mengatakan, Abu Ghaith memuji serangan 11 September 2001 di Amerika Serikat dan memperingatkan akan ada serangan-serangan lain.

Pengadilan memerintahkan agar ia tetap ditahan di penjara pengadilan federal New York. Sidang akan dilanjutkan pada 8 April untuk menetapkan tanggal sidang selanjutnya.

Para wartawan melaporkan Abu Ghait—yang berjenggot pendek dan mengenakan seragam penjara berwarna gelap—dalam keadaan diborgol ketika hadir di pengadilan.

Militan kelahiran Kuwait itu dilaporkan ditangkap di Jordania dan diterbangkan ke Amerika Serikat. Ia disebutkan berperan sebagai juru bicara Osama bin Laden dan jaringan Al Qaeda.

Beberapa senator Partai Republik menyerukan agar Abu Ghaith dikirim ke pangkalan militer Amerika di Teluk Guantanamo, tetapi seorang pejabat mengatakan pemerintah berpendapat sidang di pengadilan federal merupakan pilihan terbaik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X