Kompas.com - 09/03/2013, 01:41 WIB
EditorPalupi Annisa Auliani

VATIKAN, KOMPAS.com — Kongregasi Umum Kolegium Kardinal pada Jumat (8/3/2013) malam waktu Roma akan menentukan waktu pelaksanaan konklaf. Radio Vatikan, Jumat, mengumumkan bahwa Dewan Kardinal malam ini akan bertemu untuk menetapkan tanggal awal konklaf.

Juru Bicara Vatikan Pastor Federico Lombardi SJ, Jumat pagi waktu setempat, menjelaskan kepada wartawan, awal konklaf kemungkinan digelar pada awal pekan depan. Terlebih lagi, sudah 153 kardinal di seluruh dunia hadir dalam pertemuan Dewan Kardinal, Jumat pagi, termasuk 115 kardinal pemilih yang telah tiba di Roma.

Dua kardinal yang baru sampai di Roma adalah Uskup Agung Warsawa, Polandia, Kardinal Kazimierz Nycz, yang merupakan kardinal pemilih; dan Nunsio Apostolik Emeritus Republik Ceko Kardinal Giovanni Coppa, yang tidak termasuk sebagai kardinal pemilih. Kardinal terakhir yang tiba adalah Uskup Agung Thành-Phô Hô Chí Minh, Vietnam, Kardinal Jean-Baptiste Pham Minh Mân.

Tujuan pertemuan kali ini adalah menetapkan waktu pemilihan paus untuk menggantikan Paus Benediktus XVI yang turun takhta pada 28 Februari 2013. Berdasarkan hukum kanon, para kardinal yang punya hak pilih adalah yang berusia kurang dari 80 tahun. Jika semua kardinal hadir, seharusnya ada 117 kardinal yang akan mengikuti konklaf.

Namun, dua kardinal sudah menyatakan tidak akan hadir dalam konklaf. Artinya, ada 115 kardinal yang akan mengikuti konklaf untuk memilih paus baru. Dua kardinal yang tidak ikut konklaf adalah Julius Kardinal Darmaatmaja SJ, Kardinal dari Indonesia, yang tak bisa berangkat karena kesehatan. Selain itu, Kardinal Keith O’Brien yang mengundurkan diri sebagai Uskup Eidenburg, sepekan lalu. (Srihandriatmo Malau | Yaspen Martinus)

Berita terkait dapat dibaca dalam topik: Paus Benediktus XVI Mengundurkan Diri

Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X