Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CIA 'Rebut' Menantu Osama dari Jordania

Kompas.com - 07/03/2013, 20:10 WIB

ANKARA, KOMPAS.com - Menantu Osama bin Laden, Sulaiman Abu Ghaith berhasil ditangkap agen-agen CIA setelah Turki mendeportasinya ke Jordania. Demikian laporan sejumlah media Turki, Kamis (7/3/2013).

Abu Ghaith, mantan juru bicara Al Qaeda, ditangkap bulan lalu di sebuah hotel mewah di Ankara setelah aparat Turki mendapat informasi dari Badan Intelijen AS (CIA).

Harian Hurriyet melaprona, pemerintah Turki mendeportasi Abu Ghaith ke Jordania pada 1 Maret lalu untuk kemudian akan dipulangkan ke Kuwait. Namun, dia "diciduk" agen-agen CIA di Jordania dan kini sedang dalam perjalanan ke AS.

Pemerintah Turki tidak mengomentari kabar ini. Sementara Kedutaan Besar AS di Ankara hanya mengatakan, sudah mendengar soal kabar itu.

Pemerintah Turki menganggap Abu Ghaith tidak memiliki kewarganegaraan, setelah dia melepas kewarganegaraan Kuwaitnya setelah muncul dalam video yang mendukung serangan 11 September 2001.

Amerika Serikat memang menginginkan Abu Ghaith karena perannya dalam serangan ke menara kembar WTC di New York itu.

Turki menangkap Abu Ghaith karena memasuki negara itu dari Iran secara ilegal. Namun, Turki membebaskan Ghaith karena dia tidak melakukan kejahatan apapun di negeri itu.

Media Turki menilai pemerintah ragu untuk menyerahkan Ghaith ke tangan AS karena takut menjadi sasaran serangan Al Qaeda.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com