Kompas.com - 07/03/2013, 19:39 WIB
EditorErvan Hardoko

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Kamis (7/3/20130, terbang menuju Caracas, Venezuela untuk menghadiri pemakaman mendiang Presiden Hugo Chavez yang dijadwalkan pada Jumat (8/3/2013).

"Presiden Ahmadinejad akan meninggalkan Teheran menuju Venezuela untuk menghadiri pemakaman Presiden Chavez yang meninggal hari Selasa," demikian laporan televisi pemerintah Iran.

Dalam pemakaman Chavez, sejumlah kepala negara Amerika Selatan yang berhaluan kiri dipastikan hadir di Caracas. Selain itu para pemimpin pemerintah dari seluruh dunia juga diharapkan kehadirannya.

Sebelumnya, Ahmadinejad memberikan penghormatannya kepada salah satu sekutu terdekatnya itu. Dia mengatakan Chavez sudah melayani rakyat Venezuela serta mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan revolusi.

"Venezuela kehilangan pahlawannya, putra terbaiknya, sementara dunia kehilangan seorang pemimpin bijaksana dan revolusioner," ujar Ahmadinejad.

Tak hanya memberi penghormatan, Ahmadinejad menetapkan satu hari berkabung di Iran untuk menghormati pemimpin berjuluk El Commandante itu.

Venezuela adalah sekutu utama Iran di Amerika Selatan. Kedua negara sama-sama sangat terbuka menyatakan kebencian mereka terhadap Amerika Serikat.

Semasa memimpin Venezuela, Chavez sudah 13 kali berkunjung ke Teheran sejak 1999. Sementara Ahamdinejad sudah bertandang ke Caracas sebanyak enam kali sejak menjadi presiden pada 2005.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.