Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Ahmadinejad Hadiri Pemakaman Chavez

Kompas.com - 07/03/2013, 19:39 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Kamis (7/3/20130, terbang menuju Caracas, Venezuela untuk menghadiri pemakaman mendiang Presiden Hugo Chavez yang dijadwalkan pada Jumat (8/3/2013).

"Presiden Ahmadinejad akan meninggalkan Teheran menuju Venezuela untuk menghadiri pemakaman Presiden Chavez yang meninggal hari Selasa," demikian laporan televisi pemerintah Iran.

Dalam pemakaman Chavez, sejumlah kepala negara Amerika Selatan yang berhaluan kiri dipastikan hadir di Caracas. Selain itu para pemimpin pemerintah dari seluruh dunia juga diharapkan kehadirannya.

Sebelumnya, Ahmadinejad memberikan penghormatannya kepada salah satu sekutu terdekatnya itu. Dia mengatakan Chavez sudah melayani rakyat Venezuela serta mempertahankan nilai-nilai kemanusiaan dan revolusi.

"Venezuela kehilangan pahlawannya, putra terbaiknya, sementara dunia kehilangan seorang pemimpin bijaksana dan revolusioner," ujar Ahmadinejad.

Tak hanya memberi penghormatan, Ahmadinejad menetapkan satu hari berkabung di Iran untuk menghormati pemimpin berjuluk El Commandante itu.

Venezuela adalah sekutu utama Iran di Amerika Selatan. Kedua negara sama-sama sangat terbuka menyatakan kebencian mereka terhadap Amerika Serikat.

Semasa memimpin Venezuela, Chavez sudah 13 kali berkunjung ke Teheran sejak 1999. Sementara Ahamdinejad sudah bertandang ke Caracas sebanyak enam kali sejak menjadi presiden pada 2005.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com