Kompas.com - 07/03/2013, 18:56 WIB
EditorErvan Hardoko

ROMA, KOMPAS.com — Pengadilan Italia, Kamis (7/3/2013), menjatuhi hukuman penjara satu tahun untuk politisi kawakan Italia, Silvio Berlusconi (76). Pengadilan menilai taipan media itu terbukti memublikasikan transkrip penyadapan polisi lewat media yang dimilikinya.

Dengan memublikasikan transkrip penyadapan polisi di harian Il Giornale miliknya pada 2005, Berlusconi dianggap melanggar undang-undang kerahasiaan.

Banyak kalangan menilai publikasi transkrip penyadapan itu adalah upaya Berlusconi untuk mendiskreditkan seorang anggota senior Partai Demokrat menjelang pemilihan umum 2006.

Selain menghukum Berlusconi, pengadilan juga menjatuhi hukuman penjara dua tahun tiga bulan kepada editor harian Il Giornale, Paolo, yang juga adalah saudara laki-laki Berlusconi.

Berlusconi, yang masih menghadapi dua vonis lain, yaitu terkait penipuan pajak dan berhubungan seks dengan perempuan di bawah umur, dapat mengajukan banding atas putusan pengadilan ini.

Sesuai undang-undang Italia, jika Berlusconi mengajukan banding maka dia tidak perlu menjalani hukuman yang dijatuhi pengadilan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.