Kompas.com - 07/03/2013, 13:21 WIB
EditorErvan Hardoko

CARACAS, KOMPAS.com — Jasad mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez, Rabu (6/3/2013), disemayamkan di dalam peti terbuka di Akademi Militer Caracas. Sementara ribuan warga Venezuela mengantre untuk memberikan penghormatan terakhir.

Pengantar peti jenazah Chavez membutuhkan waktu tujuh jam untuk tiba di Akademi Militer karena barisan pembawa jenazah harus melewati ribuan warga Venezuela yang tumpah ruah di jalanan untuk menyatakan dukacita mereka.

Ibunda Chavez, Elena, bersama tiga putri, putra, dan cucunya mendapat kesempatan pertama untuk memberikan penghormatan terakhir untuk Chavez.

Sementara itu, ratusan ribu warga Venezuela masih memenuhi jalanan Caracas, menangis, saling berpelukan, dan meneriakkan slogan-slogan dukungan untuk sang pemimpin.

Lautan manusia dengan pakaian berwarna merah, kuning, dan biru—warna bendera nasional—masih terlihat di tempat-tempat strategis di seluruh penjuru kota.

Di akademi militer, pintu dibuka untuk seluruh warga yang ingin memberikan penghormatan terakhir mereka. Beberapa dari warga membuat tanda salib. Sementara warga lain mengenakan pakaian militer, memberikan hormat di dekat peti jenazah Chavez.

"Wajahnya begitu indah. Kami akan selalu mengingatnya seperti saat dia masih hidup," kata Gubernur Negara Bagian Monaga, Yelitze Santaella, seusai melihat jasad Chavez.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Pemimpin kami sudah tiada, tetapi ide dan semangatnya takkan pernah hilang," kata Roberto Galindez (32), seorang pebasket profesional yang kini menjadi ahli komputer.

"(Nicolas) Maduro memiliki ideologi yang sama dengan Chavez. Dia akan meneruskan idealisme yang sama," tambah Galindez.

Chavez menurut rencana akan dimakamkan pada Jumat (8/3/2013). Seusai pemakaman, dalam waktu 30 hari, pemilihan presiden akan digelar. Tampaknya, Wapres Nicolas Maduro akan berhadapan dengan pemimpin oposisi Henrique Caprilles yang kalah dalam pemilihan presiden Oktober tahun lalu.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.