Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Majalah Italia Tampilkan Foto Paus Emeritus Benediktus XVI

Kompas.com - 07/03/2013, 12:39 WIB

ROMA, KOMPAS.com — Sebuah majalah gosip Italia menerbitkan foto-foto Paus Emeritus Benediktus XVI yang diambil oleh paparazi. Foto-foto Benediktus XVI yang telah mengundurkan diri itu diambil saat dia berada lapangan istana musim panas kepausan Castel Gandolfo di dekat Roma.

Foto pertama menunjukkan Benediktus terlihat mengenakan topi yang tampaknya seperti sebuah topi baseball putih dan jaket putih di luar jubahnya. Ia berjalan dengan bantuan tongkat hitam, didampingi sekretarisnya yang setia, Georg Gaenswein.

Difoto dari balik pohon dan semak-semak di area vila yang luas, sebuah foto kedua di majalah Chi itu memperlihatkan Benediktus dalam perjalanannya diikuti oleh sekelompok perempuan yang diidentifikasi oleh majalah itu sebagai housekeeper yang mengurus rumah tangganya sewaktu ia menjadi paus.

Benediktus mengenakan sepatu hitam. Paus Emeritus itu tampaknya tenggelam dalam percakapan dengan Gaenswein yang akan terus tinggal bersama Benediktus, tetapi juga akan melayani paus baru sebagai prefek rumah tangga kepausan.

Vatikan mengatakan, Benediktus akan diizinkan untuk terus mengenakan jubah putih kepausannya, tapi tanpa jubah (cape) pendek yang dipakai paus.

Gelar resmi Benediktus sekarang adalah Paus Emeritus, tapi dia tetap dipanggil sebagai Yang Mulia.

Majalah gosip itu, yang dimiliki oleh mantan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, merupakan media pertama yang memublikasikan foto-foto istri Pangeran William yang sedang hamil, Kate, Duchess of Cambridge, dengan mengenakan bikini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com